Ini Upaya Polda Banten Untuk Mengatasi Kepadatan Arus Mudik di Pelabuhan Merak

KOTA SERANG - MBC || Kepolisian Daerah Banten kerahkan 3.193 Personel gabungan pada Operasi Ketupat Kalimaya 2019. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan serta kenyamanan saat Mudik Lebaran di wilayah Provinsi Banten.

Hal itu dikatakan oleh Kapolda Banten, Irjen Pol Tomsi Tohir usai pengecekan personel pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kalimaya 2019 di Mapolda Banten, Selasa (28/5/2019) sore.

"Jumlah pasukan dari personel gabungan secara keseluruhan berjumlah 3.193," kata Kapolda

Menurutnya, titik puncak arus mudik Idul Fitri 1440 Hijriyah akan berlangsung mulai dari tanggal 30 Mei sampai dengan 1 Juni 2019.

Selain itu bersama Instansi terkait, pihaknya sudah melakukan Koordinasi dan akan melakukan Upaya-upaya untuk mengurangi penumpukan pemudik di pelabuhan penyeberangan Merak. Diantaranya akan dilakukan pengalihan untuk kendaraan Truk ke Pelabuhan Bojonegara Cilegon, Banten.

Ia menuturkan, percepatan bongkar muat khusus 3 dermaga akan disiapkan jika menghadapi penumpukan. Singkatnya, kapal muatan berangkat penuh ke Bakauheni, dari Bakau kembali kosong karena untuk mengurangi arusnya lebih banyak dari Jawa ke Sumatera.

"Berangkat isi penuh, khusus 3 Dermaga balik cepat kosong ga ngetem di Bakauheni. Sehingga tripnya bisa bertambah, isi lagi dari Merak untuk dipercepat ke Bakauheni, itu salah satu Upaya - upaya yang kita lakukan untuk mengurangi Antrian," jelasnya

Kapolda Banten tak menampik kemungkinan akan terjadinya penumpukan seperti Tahun lalu. Ia menghimbau dan mengupayakan untuk melakukan perjalanan di siang hari.

"Kalau siang hari kondisi Angkutan kita stabil, artinya tidak terjadi Antrian penumpukan Roda 4. Upayakan penyebrangan di siang hari kecuali sangat terpaksa. Sehingga diharapkan beban puncak daya Angkutnya yang terbatas bisa berkurang," imbuhnya.



Wartawan : Yudi Priharso


LEAVE A REPLY

Berita Wilayah