Petugas Gabungan Lakukan Tes Kesehatan Jelang Mudik Lebaran di Terminal Pakupatan Serang

KOTA SERANG - MBC || Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten dan Kota Serang bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Banten serta Kepala Terminal Pakupatan melaksanakan kegiatan Tes Kesehatan bagi para pengemudi Bus, baik Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Selasa (28/5/2019).

Sebanyak 58 pengemudi Bus telah diperiksa kesehatannya, dan berdasarkan hasil dari tes kesehatan tersebut tidak ditemukan adanya penyakit atau gangguan kesehatan lainnya. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Kerja dan Olahraga, Dinkes Provinsi Banten, Fadli.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan yang kami lakukan seluruh pengemudi Bus dalam keadaan sehat dan layak untuk melaksanakan tugasnya. Tidak kami temukan juga adanya penyakit yang serius, jadi semua pengemudi bisa mengemudikan kendaraannya, dengan baik" katanya.

Selain tes kesehatan, kata Fadli, pihaknya juga melakukan Tes Urine. Berdasarkan pemeriksaan tidak ditemukan adanya Kadar Alkohol ataupun Obat-obatan terlarang pada seluruh pengemudi Bus.

"Dari hasil pemeriksaan Kadar Alkohol berdasarkan hasil dari BNN pun semuanya Negatif, tidak ada yang mengkonsumsi Minuman dan Obat - obatan terlarang," ujarnya.

Namun, Fadli mengatakan, ada sejumlah pengemudi Bus yang tidak bersedia melakukan tes kesehatan, karena mereka hanya Transit dan tidak menunggu lama di Terminal Pakupatan Kota Serang.

"Makanya bagi Pengemudi yang belum sempat dilakukan tes kesehatan, dapat bersedia apabila pihaknya kembali melaksanakan Tes urine dan Tes Kesehatan," harapannya.

Sementara itu, Kepala Terminal Pakupatan Kota Serang, Waluyo Dianto menjelaskan, terkait Pengemudi Bus yang tidak bersedia dilakukan pemeriksaan. Menurutnya, para pengemudi hanya Transit dan tidak parkir kendaraannya di Terminal Pakupatan.

"Karena memang disini (Terminal Pakupatan) merupakan tempat Transit. Bukan terminal keberangkatan seperti Terminal Labuan dan Terminal Merak. Jadi, mereka tidak lama berhenti disini. Saya kira itu Kendalanya," ucapnya.

Lanjut Waluyo, biasannya di Terminal Merak dan Terminal Labuan telah dilakukan Tes Kesehatan, sehingga para pengemudi merasa tidak lagi perlu melakukannya lagi di Terminal Pakupatan Kota Serang.

"Jadi mungkin itu alasan mereka menolak untuk di Tes Kesehatan dan Tes Urine," tandasnya.



Wartawan : Faizudin


LEAVE A REPLY

Berita Wilayah