PPDB 2019 Terapkan Sistem Zonasi

KABUPATEN TANGERANG - MBC || Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019 dilaksanakan sesuai Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Tekhnis (Juklak Juknis) Peraturan Menteri No. 51 Tahun 2018 yang di antaranya mengacu pada Zonasi, Prestasi serta Mutasi Domisili Orang Tua Siswa, "hal ini untuk memberikan kesan bahwa Sekolah Negeri mempunyai aturan dibawah Payung Hukum yang mengacu pada Permen dan Perbup", kata Agus Sulistyo. S.Pd., Wakil Kepala Sekolah SMPN 2 Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.

Menurut Agus Sulistyo pelaksanaan secara tekhnis PPDB Tahun lalu Ajaran 2018, banyak Siswa yang tidak dapat diterima disekolah yang dianggap Favorite, sehingga banyak pula Orang tua yang menilai Sekolah tebang pilih. "Aturan pada Zonasi sangat jelas Radius pada 1.490 M, yang terdekat dengan Sekolah, dimana banyak Siswa saat PPDB kemarin itu Jarak Radiusnya melebihi," kata Agus pada Awak Media, Sabtu (18/5/2019).

Selain itu Agus Sulistyo juga menjelaskan bahwa pihak Unsur Pendidik sebelumnya melakukan Sosialisasi kepada Para Kepala Sekolah SD Negeri dan Swasta tentang Juklak Juknis PPDB yang diantaranya mengacu pada sistem Zonasi, Prestasi dan Mutasi Domisili Orang tua Siswa, "Seiring terbatasnya sarana Gedung Pendidikan SMP Negeri yang ada diwilayah Kabupaten Tangerang, khususnya Kecamatan Pasar Kemis, untuk wilayah Kecamatan Pasar Kemis saja gedung SMPN baru ada 5 Gedung, sedang yang Dua lagi yakni SMPN 6 dan 7 baru pada Tahap Pembangunan, jadi wajarlah kalau membludaknya kelulusan SD Negeri banyak yang tidak tertampung", ucapnya.

Mulyadi Ketua Umum LSM Oppisition People Council (OPCI) Banten, menegaskan kepada seluruh Panitia PPDB 2019 di Kabupaten Tangerang khususnya agar dapat melaksanakan Juklak Juknis PPDB 2019 dengan secara Maksimal, "Kami sudah membentuk Team yang Tugasnya memantau Pelaksanaan PPDB 2019 di Kabupaten Tangerang" tegas Mulyadi.

Sementara Pemerhati Pendidikan di Kabupaten Tangerang, Soleh Wibowo selaku Anggota mengatakan bahwa sudah saatnya Kabupaten Tangerang berbenah diri dibidang Sarana Pendidikan, agar Sejajar dengan Wilayah lainnya dan harus diimbangi dengan Payung Hukumnya agar jangan Tumpang - tindih, sehingga mencuat masalah baru tentang Pendidikan, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Sarana pendidikan Kabupaten Tangerang, khususnya SMP, harus secepatnya segera dibangun, untuk memenuhi kebutuhan Siswa yang Lulus dari SD Negeri yang Notabene membludak sangat banyak sekali," pungkas Soleh. (Etty.S)



Wartawan : Etty. S


LEAVE A REPLY

Berita Wilayah