Gelontorkan 11 Triliun BPJS Kesehatan Bayar Hutang klaim Jatuh Tempo

KOTA SERANG- MBC || Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan Serang bayarkan Rp.134.918.766.321 sepanjang bulan april 2019 pada 281 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 24 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

"Ya kita, dalam hal ini BPJS kesehatan Cabang Serang telah bayarkan dana kapitasi dan tagihan klaim sepanjang bulan april ini." kata kepala BPJS Cabang Serang Sofyeni saat komfrensi fress di kantor BPJS Kota Serang, Selasa (16/4/2019).

Dengan dibayarnya hutang klaim jatuh tempo BPJS kesehatan kepada fasilitas kesehatan, tutur Yeni, pihak Fasilitas kesehatan juga harus bisa melakukan kewajibannya sesuai dengan yang tertuang dalam regulasi.

"Kami juga selalu Berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN-KIS untuk memenuhi pelayanan terbaik tanpa diskriminasi sebagaimana yang di atur dalam regulasi yang ditetapkan pemerintah." terangnya.

BPJS kesehatan saat ini, secara keseluruhan lanjut Yeni, telah menggelontorkan dana sebesar Rp 11 triliun untuk bayar hutang klaim jatuh tempo BPJS kesehatan kepada rumah sakit, selain itu juga BPJS kesehatan melakukan pembayaran sebesar Rp 1,1 triliun dalam bentuk dana kapitasi kepada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

"Sampai hari ini, tagihan klaim rumah sakit yang lolos verifikasi dan sudah jatuh tempo akan di bayar BPJS Kesehatan dengan mekanisme First in First out dengan urut pembayaran yang disesuaikan dengan catatan kami, rumah sakit yang lebih dahulu mengajukan berkas secara lengkap tentu pembayaran klaim akan diproses terlebih dahulu dan upaya penuntasan fasilitas kesehatan ini dapat terwujud karena adanya dukungan penuh dari Menteri Keuangan dan Kementerian Kesehatan." pungkasnya



Wartawan : Faizudin


LEAVE A REPLY

Berita Wilayah