Polsek Neglasari Komit Jaga Keamanan Dalam Perhelatan Pemilu 2019 Mendatang

KOTA TANGERANG- MBC ||- Polsek Neglasari bersama Panitia pelaksanan Pemilu 2019, mengadakan kegiatan aksi peraga di halaman Mapolsek. Kamis, (4/4/19) waktu setempat

Acara tersebut juga terlihat tertib untuk warga yang hadir dalam menggunakan hak pilihnya. Mereka pun antri untuk pendaftaran dan mulai melakukan pencoblosan dibalik bilik suara yang telah disediakan panitia.

Ditengah khidmat dan tertibnya pencoblosan, mendadak suasana berubah. Salah satu warga yang mengaku hanya memiliki KTP tanpa persyaratan lainnya, memaksa masuk hingga terjadi perdebatan. Aksi saling dorong-mendorong disertai teriakan pun tak terelakan, hingga akhirnya berhasil direlai oleh aparat yang berjaga.

Selang beberapa waktu, suasana kembali berjalan normal hingga selesai waktu pencoblosan. Namun ketika hendak dilakukan penghitungan suara, datang seorang pria yang mengaku warga sekitar juga, iapun kembali memaksa masuk ke TPS dan hendak melakukan pencoblosan, iapun dihadang petugas hingga debat pun tak terhindarkan.

Tak sampai disitu, suasana rusuh kembali terjadi, kali ini suasana tegang dan rusuh tersebut dilakukan oleh Orang Tak diKenal (OTK), yang mencoba merebut dan merusak kotak hasil suara Pemilu dari para petugas yang mengawal. Suasana tegang dan saling tarik menarik kotak suara itu tak terhindarkan, namun lagi lagi berhasil diamankan berkat kesigapan petugas OTK yang berjaga.

Usut punya usut hal tersebut ternyata hanya Simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang di prakasai oleh Polsek Neglasari - Polres Metro Tangerang Kota. Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Neglasari Kompol R Manurung SH, melalui Kasi Humas Polsek Neglasari Bripka Rifa'i

"Memang benar, Simulasi ini bertujuan untuk pengamanan Pemilu 2019, guna antisipasi gangguan keamanan pada pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang. Kegiatan ini kita libatkan seluruh instansi inyasi terkait diantaranya KPU, Panwaslu, KPPS, PPK, TNI, POLRI," terangnya.

Masih ditempat yang sama, Danramil 02 Batu ceper Mayor Arh Bambang, yang juga turut menyaksikan simulasi pengamanan mengapresiasi kegiatan simulasi tersebut. Beliau mengatakan, "Kegiatan simulasi ini sangat bagus. Jika nantinya sungguh-sungguh terjadi petugas bisa mengerti dan paham bagaimana harus bertindak dan siaga ditempat masing-masing, saya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini," tegasnya dalam sambutan seusai simulasi.

Sementara itu, Panwascam Neglasari, Heri Fadli, juga mengapresiasi terselenggaranya simulasi yang digelar Polsek Neglasari, Dirinya mengatakan siap bersinergi dalam pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang.

"Saya pun mengapresiasi simulasi ini sesuai dengan peraturan PKPU. Kami dari Panwascam siap bersinergi dengan pihak yang tergabung untuk terciptanya pelaksanaan Pemilu yang Aman, Damai dan Sejuk tentunya," ucapnya. (Yudi)



Wartawan : Yudi Priharso


LEAVE A REPLY

Berita Wilayah