Ketua Bawaslu Banten: Masalah Yang Terjadi Di Stadion Maulana Yusuf Sepenuhnya Menjadi Kewenangan Pemilik Tempat

KOTA SERANG- MBC ||- Terkait izin tempat yang di pergunakan untuk kampanye terbuka Paslon No. Urut 01 di Stadion Maulana Yusuf yang mengakibatkan adanya kerusakan fasilitas di dalam stadion sudah ada izin dari pemerintah kota serang.

Hal tersebut di katakan Ketua Bawaslu Banten Didi M Sudih, menurutnya, izin dari pemerintah daerah kota serang untuk izin memberikan tempat kampanye perdana pada Minggu (24/3) kemarin sudah keluar.

"Itu surat keputusan KPU yang berkordinasi dengan pemerintah daerah, dan saya lihat izin dari pemkot untuk pemberian lokasi sudah keluar ke KPU makanya KPU menetapkan titik stadion maulan Yusuf sebagai tempat acara lampanye terbuka." katanya, Selasa (26/3/2019).

Memang dalam hal ini, terang Didi, untuk diwilayah kota serang sendiri, yang paling minim untuk titik tempat kampanye dibandingkan dengan kabupaten kota lainnya.

"Dikota serang sendiri karena memang sempitnya lahan yang ada, baru ada dua titik saat ini, sedangkan ditempat lain banyak titik, bisa puluhan, nah terkait kerusakan kemarin, itu tergantung dari rekomendasi pemkot sendiri, kalau pemkotnya tidak mengijinkan, ya KPU tidak bisa apa-apa, bawaslu kan hanya menyandarkan kepada surat keputudan (SK) yang ditetapkan dari KPU." terangnya.

Jadi, lanjut Didi, Kalau bawaslu hanya berpatokan pada izin yang telah ada ketetapan dari KPU yang telah mendapatkan izin dari pemerintah daerah berupa Surat Keputusan (SK) nya.

"Untuk itu, sekarang masalah yang terjadi sepenuhnya menjadi kewenangan pemilik dari pada tempat itu, untuk rekomnya seperti apa itu kewenangan pemkot, apakah itu nanti akan di bebankan pada tim kampanye atau seperti apa itu." tandasnya. (faiz)



Wartawan : Faizudin


LEAVE A REPLY

Berita Wilayah