Direktur Maritim Strategic Center: Sudah Saatnya Banten Memaksimalkan Potensi Maritim

BANTEN- || MBC- Dalam acara yang bertajuk Banten Sebagai Poros Maritim Nusantara, Senin (18/3/2019) di Serang, yang dihadiri Kolonel Bakamla Salim dan Iskandar Surya sebagai Narasumber. Direktur Maritim Strategic Center mengajak semua elemen di Banten untuk sama-sama saling berkolaborasi untuk membangkit kembali kejayaan Maritim di Banten.

Menurut Sutisna yang kini mendirikan Maritim Strategic Center sebagai wadah kebangkitan Maritim, Banten tumbuh sebagai bandar dagang terkenal di bawah kepemimpinan Sultan Ageng Tirtayasa. Hal ini menjadi masa keemasan Banten sebagai kota perdagangan yang disinggahi oleh para pedagang hingga pelaut dari seluruh dunia, termasuk kerajaan maritim Nusantara sendiri.

"Banten pada masa lalu, menjadi sebuah daerah dengan tata kota pelabuhan yang sangat ramai. Kejatuhan Malaka atas Portugis pada tahun 1511, membuat para pedagang yang berasal dari Arab, Persia dan Gujarat mengalihkan jalur perdagangan ke Selat Sunda, untuk sekadar singgah di Karangantu," ujar pria yang akrab dipanggil Entiis ini.

Berkahnya, Pelabuhan Karangantu menjadi pusat perdagangan Internasioanal yang banyak disinggahi oleh para pedagang dari Benua Asia,Afrika, dan Eropa. Bahkan seorang Cornelis de Houtman, menyebut Pelabuhan Karangantu sama besar dengan Amsterdam.

Belum lagi berbicara tentang budaya dan pariwisata Banten. Masing-masing wilayah itu memiliki karakteristik sumber daya pariwisata budaya, alam, buatan dan kehidupan masyarakat tradisional (living culture) yang berkembang sebagai destinasi wisata berskala nasional bahkan internasional. "Sebut saja, pesona pantai anyer, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tanjung lesung, wisata bahari pulau umang, taman nasional ujung kulon, wisata religi Banten lama dan keunikan masyarakat tradisional Badui yang berkembang sebagai destinasi wisata," paparnya.

Oleh karena itu menurutnya membangkitkan kejayaan Maritim bukan hanya sekedar tugas pemerintah saja. Tapi dibutuhkan sumbangsih pemikiran dan tenaga dari semua pihak. Karena melihat potensi maritim ini sangat besar terhadap kemajuan perekonomian khususnya bagi rakyat Banten. (faiz)



Wartawan : Faizudin


LEAVE A REPLY

Berita Wilayah